About Us

Laboratorium Lingkungan Hidup dan Permukiman, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau bisa juga disebut Laboratorium Lingkungan LPPM – ITS merupakan bagian dari Pusat studi Lingkungan Hidup dan Permukiman (PLH) LPPM – ITS. Laboratorium Lingkungan memberikan pelayanan baik internal civitas akademika ITS maupun eksternal kalangan peneliti/akademisi, mahasiswa, kalangan industri dan masyarakat luas. Layanan dapat berupa jasa pengujian kualitas Lingkungan  (air, gas emisi, udara dan tanah) dan penelitian serta pelatihan pengolahan air dan limbah cair industri.

Dalam memberikan jasa pengujian, kami berkomitmen memberikan layanan berdasarkan persyaratan standar sebagai laboratorium penguji mulai dari pengambilan contoh uji, pelaksanaan pengujian hingga pelaporan hasil uji. Dalam pelatihan, kami memberikan praktik langsung menggunakan unit proses pengolahan air dan limbah cair industri.

Laboratorium ini dibangun pada pertengahan tahun 2000. Komisioning gedung dan peralatan dilakukan pada akhir tahun 2009 dan mulai beroperasi sejak bulan Maret 2010. Perluasan laboratorium sedang dilakukan dengan dibangunnya gedung laboratorium Lingkungan di area Riset Center ITS